Sabtu, 04 Juni 2016

MAKALAH HUBUNGAN MANUSIA DAN AGAMA

MAKALAH
HUBUNGAN MANUSIA DAN AGAMA


Dosen
SITI HALIMAH, M.Pd
Mata Kuliah
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Oleh:
1.     SAIFI ATHOILLAH
2.     MOCH. AFIFUDDIN JA`FAR
 


















STKIP PGRI PASURUAN
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
PASURUAN

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbilalamin, segala puji bagi Allah SWT Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Penghitungan Pendapatan Nasional”.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Siti Halimah, M.Pd. selaku dosen pembimbing Pendidikan Agama Islam yang telah memberikan bimbingan dan arahan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini, serta rekan-rekan mahasiswa STKIP STIT PGRI PASURUAN yang selalu berdoa dan memberikan motivasi kepada penyusun.
Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan. Oleh karena itu, penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penyusun berharap kerangka acuan makalah ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca pada umumnya dan pada penyusun pada khusunya
Pasuruan, Maret 2016
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ..................................................................................        i
DAFTAR ISI ..................................................................................................       ii
BAB I PENDAHULUAN..............................................................................       1
A.  Latar Belakang Masalah .........................................................................       1
B.  Rumusan Masalah ...................................................................................       2
C.  Tujuan Masalah .......................................................................................       2
BAB II PEMBAHASAN................................................................................       3
A.  Pengertian Manusia dalam Al-Qur`an dan Humanisme ......................       3
B.  Pengertian Agama dan Unsur-unsur Pokok Agama ............................       7
C.  Hubungan Manusia dengan Agama ......................................................       9
D.  Agama Sebagai Fitrah dan Pedoman Hidup Manusia..........................      11
BAB III PENUTUP........................................................................................      13
A.  Kesimpulan ...............................................................................................      13
B.  Saran .........................................................................................................      13
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................      14


BAB I
PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang Masalah

            Agama adalah fitrah “ketentuan mutlak” bagi Manusia tanpa agama, manusia bukan berarti apa-apa, karena Agama memang ditujukan bagi manusia.

            Agama memberikan penjelasan bahwa manusia adalah mahluk yang memilki potensi untuk berahlak baik (takwa) atau buruk (fujur) potensi fujur akan senantiasa eksis dalam diri manusia karena terkait dengan aspek instink, naluriah, atau hawa nafsu, seperti naluri makan/minum, berkuasa dan rasa aman. Apabila potentsi takwa seseorang lemah, karena tidak terkembangkan (melalui pendidikan), maka prilaku manusia dalam hidupnya tidak akan berbeda dengan hewan karena didominasi oleh potensi fujurnya yang bersifat instinktif atau implusif (seperti berjinah, membunuh, mencuri, minum-minuman keras, atau menggunakan narkoba dan main judi).(1)

            Agar hawa nafsu itu terkendalikan (dalam arti pemenuhannya sesuai dengan ajaran agama), maka potensi takwa itu harus dikembangkan, yaitu melalui pendidikan agama dari sejak usia dini. Apabila nilai-nilai agama telah terinternalisasi dalam diri seseorang maka dia akan mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia yang bertakwa, yang salah satu karakteristiknya adalah mampu mengendalikan diri (self contor) dari pemuasan hawa nafsu yang tidak sesuai dengan ajaran agama.(2)
            .
B.                 Rumusan Masalah

            Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam proses penyusunan makalah ini adalah “Hubungan Manusia dan Agama”. Untuk memberikan kejelasan makna serta menghindari meluasnya pembahasan, maka dalam makalah ini masalahnya dibatasi pada :

1.                  Apa Pengertian Manusia dalam Al-Qur`an dan Humanisme?
2.                  Apa Pengertian Agama dan Unsur-unsur Pokok Agama?
3.                  Bagaimana Hubungan Manusia dengan Agama?
4.                  Bagaimanakah Agama Sebagai Fitrah dan Pedoman Hidup Manusia?

C.                Tujuan

            Pada dasarnya tujuan penulisan makalah ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum dalam penyusunan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Agama. Adapun tujuan khusus dari penyusunan makalah ini adalah :

1.                  Untuk mengetahui pengertian manusia dalam Al-Qur`an dan humanisme
2.                  Untuk mengetahui pengertian agama dan unsur-unsur pokok agama
3.                  Untuk mengetahui hubungan manusia dengan agama
4.                  Untuk mengetahui bahwa agama sebagai fitrah dan pedoman hidup manusia
BAB II
PEMBAHASAN
A.                Pengertian Manusia dalam Al-Qur`an dan Humanisme

1.      Pengertian Manusia dalam Al-Quran

Manusia telah berupaya memahami dirinya selama beribu-ribu tahun. Tetapi gambaran yang pasti dan menyakinkan tak mampu mereka peroleh hanya dengan mengandalkan daya nalarnya yang subyektif. Oleh karena itu mereka memerlukan pengetahuan dari pihak lain yang dapat memandang dirinya secara lebih utuh. Allah sang pencipta telah menurunkan kitab suci Al-Qur`an yang diantara ayat-ayatNya adalah gambaran-gambaran konkret tentang manusia. Penyebutan nama manusia dalam Al-Qur`an tidak hanya satu macam. Berbagai istilah digunakan untuk menunjukkan berbagai aspek kehidupan manusia, di antaranya :

a.       Dari aspek historis penciptaannya manusia disebut dengan Bani Adam :
“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Qs Al-A`roof : 31)” (3)

b.      Dari aspek biologis kemanusiaannya disebut dengan basyar yang mencerminkan, sifat-sifat fisik, kimia, biologisnya :
“Dan berkatalah pemuka-pemuka yang kafir di antara kaumnya dan yang mendustakan akan menemui hari akhirat (kelak) dan yang telah Kami mewahkan mereka dalam kehidupan di dunia: "(Orang) ini tidak lain hanyalah manusia seperti kamu, dia makan dari apa yang kamu makan, dan meminum dari apa yang kamu minum. (Qs Al-Mukminun Ayat 33)” (3)

c.       Dari aspek kecerdasannya disebut dengan insan yakni makhluk terbaik yang diberi akal sehingga mampu menyerap ilmu pengetahuan :
“Dia menciptakan manusia. Mengajarnya pandai berbicara. (Qs Ar-Rohman Ayat 3-4)” (3)

d.      Dari aspek sosiologisnya disebut annas yang menunjukkan sifatnya yang berkelompok sesama jenisnya :
Wahai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa. (QS. al-Baqarah Ayat 21)” (3)

e.       Dari aspek posisinya disebut abdun (hamba) yang menunjukkan kedudukannya sebagai hamba Allah yang harus tunduk dan patuh kepada-Nya:
Maka apakah mereka tidak melihat langit dan bumi yang ada di hadapan dan di belakang mereka? Jika Kami menghendaki, niscaya Kami benamkan mereka di bumi atau Kami jatuhkan kepada mereka gumpalan dari langit. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Tuhan) bagi setiap hamba yang kembali (kepada-Nya). (Qs Saba` Ayat 9)” (3)

2.      Pengertian Manusia dalam Humanisme

Manusia tidak berbeda dengan binatang dalam kaitan dengan fungsi tubuh dan fisiologisnya. Fungsi-fungsi kebinatangan ditentukan oleh naluri, pola-pola tingkah laku yang khas, yang pada gilirannya ditentukan oleh struktur susunan syaraf  bawaan. (3)

Manusia menyadari bahwa dirinya sangat berbeda dari binatang apapun. Tetapi memahami siapa sebenarnya manusia itu bukan persoalan yang mudah. Ini terbukti dari pembahasan manusia tentang dirinya sendiri yang telah berlangsung demikian lama. (3)

Para ahli pikir berbeda pendapat dalam mendefinisikan manusia. Perbedaan tersebut sebenarnya disebabkan oleh kenyataan kekuatan dan peran multidimensional yang dimainkan manusia. Sedangkan kecenderungan para ahli pikir hanya meninjau dari sisi yang menjadi titik pusat perhatiannya dan mengabaikan sisi yang lainya. (3)

Para penganut teori psikoanalisis menyebut manusia sebagai homo valens (manusia berkeinginan). Menurut aliran ini manusia adalah makhluk yang memiliki perilaku hasil interaksi antara komponen biologis, psikologis dan sosial. Di dalam diri manusia terdapat unsur animal (hewani), rasional dan moral. (3)
Para penganut teori behaviorisme menyebut nama manusia sebagai homo mechanicus (manusia mesin). Behaviorisme lahir sebagai reaksi terhadap introspeksionisme (aliran yang menganalisis jiwa manusia berdasarkan laporan-laporan subyektif) dan psikoanalisis (aliran yang berbicara tentang alam bawah sadar yang tidak tampak). Behavionarisme ingin menganalisis perilaku yang tampak saja, yang diukur, dilukiskan dan diramalkan. Menurut aliran ini semua tingkah laku manusia terbentuk sebagai hasil proses pembelajaran terhadap lingkungannya, tidak disebabkan aspek rasional dan emosionalnya. (3)

Para penganut teori kognitif menyebut manusia sebagai homo sapiens (manusia berpikir). Menurut aliran ini manusia tidak lagi dipandang sebagai makhluk yang bereaksi secara pasif pada lingkungan, tetapi sebagai makhluk yang selalu berusaha memahami lingkungannya, makhluk yang selalu berpikir. Penganut teori kognitif mengecam pendapat yang cenderung manganggap pikiran itu tidak nyata karena tampak tidak mempengaruhi peristiwa. Padahal berpikir, memutuskan, menyatakan, memahami dan sebagainya adalah fakta kehidupan manusia. (3)

Para penganut teori humanisme menyebut manusia sebagai homo ludens (manusia bermain). Aliran ini mengecam teori psikoanalisis dan behaviorisme karena keduanya dianggap tidak menghormati manusia sebagai manusia. Keduanya tidak dapat menjelaskan aspek eksistensi manusia yang positif dan menentukan seperti cinta, kreatifitas, nilai, makna, dan pertumbuhan pribadi. Menurut Humanisme manusia berperilaku untuk mempertahankan, meningkatkan, dan mengaktualisasikan diri. Perdebadan mengenai siapa manusia itu dikalangan para ilmuan terus berlangsung dan tidak menemukan satu kesepakatan yang tuntas. Manusia tetap menjadi misteri yang paling besar dalam sejarah perkembangan ilmu pengetahuan sampai sekarang. (3)

B.                 Pengertian Agama dan Unsur-unsur Pokok Agama

Agama adalah sebuah realitas yang senantiasa melingkupi manusia. Agama muncul dalam kehidupan manusia manusia dalam berbagai dimensi dan sejarahnya. Maka memang tidak mudah mendefinisikan agama. Termasuk mengelompokkan seseorang apakah ia terlibat dalam suatu agama atau tidak. Mungkin seseorang dianggap termasuk pengikut suatu agama tetapi ia mengingkari. Mungkin sebaliknya seseorang mengaku memeluk sebuah agama, padahal sesungguhnya sebagian besar pemeluk agama tersebut mengingkari. (3)

Oxford Student Dictionary (1978) mendefinisakan agama (religion) dengan “the belief in the existensi of supranatural  ruling power, the cretor and controller of the universe”, yaitu suatu kepercayaan akan keberadaan suatu kekuatan pengatur supranatural yang menciptakan dan mengendalikan alam semesta. Agama (religion) dalam pengertiannya yang paling umum diartikan sebagai system orientasi dan obyek pengabdian. Dalam pengertian ini semua orang adalah makhluk religius, karena tidak seorangpun dapat hidup tanpa suatu system yang mengaturnya dan tetap dalam kondisi sehat. Kebudayaan yang berkembang di tengah manusia adalah produk dari tingkah laku keberagaman manusia. (3)
Dalam bahasa Al-Qur`an “din” diartikan sebagai agama. Kata din  yang berasal dari akar bahasa Arab dyn  mempunyai banyak arti pokok, yaitu keberhutangan, kepatuhan, kekuasaan bijaksana, dan kecenderungan alami atau tendensi. Dalam keadaan seseorang mendapatkan dirinya berhutang kesimpulannya ialah bahwa orang itu menundukkan dirinya dalam arti menyerah dan patuh kepada hukum dan peraturan yang mengatur hutang. Demikian juga dalam artian yang terbatas kepada yang berpiutang. (3)

Sebuah agama biasanya melingkupi tiga persoalan pokok, yaitu:
1.      Keyakinan (credial),  yaitu keyakinan akan adanya sesuatu kekuatan supranatural yang diyakini mengatur dan mencipta alam
2.      Peribadatan (ritual), yaitu tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan kekuatan supranatural tersebut sebagai konsekuensi atau pengakuan dan ketundukannya
3.      System nilai yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya atau alam semesta yang kaitkan dengan keyakinannya tersebut.
Menurut Leight, Keller dan Calhoun, agama terdiri dari beberapa unsur pokok:
1.      Kepercayaan agama, yakni suatu prinsip yang dianggap benar tanpa ada keraguan lagi
2.      Simbol agama, yakni identitas agama yang dianut umatnya.
3.      Praktik keagamaan, yakni hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan-Nya, dan hubungan horizontal atau hubungan antarumat beragama sesuai dengan ajaran agam.
4.      Pengalaman keagamaan, yakni berbagai bentuk pengalaman keagamaan yang dialami oleh penganut-penganut secara pribadi.
5.       Umat beragama, yakni penganut masing-masing agama

C.                Hubungan Manusia dengan Agama

Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. [1]

Kata "agama" berasal dari bahasa Sanskerta, āgama yang berarti "tradisi". Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti "mengikat kembali". Maksudnya dengan berreligi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan. [1]

Menurut agama Islam, manusia diciptakan di bumi untuk beribadah kepada Allah. Selain itu, manusia diciptakan di bumi sebagai khalifah atau pemimpin di bumi. Dengan perannya tersebut, manusia diharapkan untuk:
1.      Sadar sebagai mahluk individu yaitu mahluk hidup yang berfungsi sebagai mahluk yang paling utama di antara mahluk-mahluk lain. Sebagai mahluk utama di muka bumi, manusia diingatkan perannya sebagai khaifah dibumi dan mahluk yang diberi derajat lebih daripada mahluk lain yang ada di bumi. Sesuai dengan firman Allah: “Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam dan Kami angkat mereka itu melalui daratan dan lautan serta Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka atas kebanyakan mahluk yang kami ciptakan (Q.S. Al-Isra: 70)

2.      Sadar bahwa manusia adalah mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial, manusia harus mengadakan interelasi dan interaksi dengan sesamanya. Itulah sebabnya Islam mengajarkan perasamaan “Berpeganglah kamu semuanya dalam tali Allah dan janganlah kamu berpecah belah…” (Q.S. Ali Imran: 103) “Sesungguhnya semua orang mukmin adalah bersaudara.”(Q.S. Al Hujarat: 10)


3.      Sadar manusia adalah hamba Allah SWT. Manusia sebagai mahluk yang berketuhanan, memiliki sikap dan watak religius yang perlu dikembangkan. Manusia harus selalu beribadah keapada Allah karena merupakan tugasnya untuk beribadah kepada Allah sesauai dengan firman Allah: “(Yang memiliki sifat-sifat) demikian itu adalah Tuhanmu, tidak ada Tuhan selain Dia, pencipta segala sesuatu maka sembahlah Dia, dan Dia adalah pemelihara segala sesuatu, Dia tidak dapat dijangkau oleh daya penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan, dan Dialah Yang Maha Mengetahui.”(Q.S. Al An’aam: 102)

D.                Agama Sebagai Fitrah dan Pedoman Hidup Manusia

Keyakinan ditemukannya berbagai macam agama dalam  masyarakat sejak dahulu hingga kini membuktikan bahwa hidup dibawah system keyakinan adalah tabiat yang merata pada manusia.  Tabiat ini telah ada sejak manusia lahir sehingga taka da pertentangan sedikitpun dari seseorang yang tumbuh dewasa dalam sebuah system kehidupan. Agama-agama yang berbeda-beda tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat tersebut. [3]

Dalam setiap diri manusia selalu ada pertanyaan yang selalu muncul dalam dirinya yaitu “dari mana saya datang?”, “apa yang terjadi ketika saya sudah mati?”. Pertanyaan-pertanyaan ini yang mengakibatkan manusia selalu mencari jawabannya. Mencari jawaban dan selalu ingin tahu merupakan fitrah manusia yaitu hal yang sudah ada dan berdasar di dalam hidup manusia.  Para ahli teologi Islam mengatakan bahwa fitrah adalah satu hal yang dibekalkan Allah kepada setiap manusia. Karenanya, ciri-ciri sesuatu yang bersifat fitri adalah tidak dipelajari, ada pada semua manusia, tidak terkurung oleh batas-batas teritorial dan masa, dan tidak akan pernah hilang. [3]

Agama dan kehidupan beragama merupakan unsur yang tak terpisahkan dari kehidupan dan sistem budaya umat manusia. Sejak awal manusia berbudaya, agama dan kehidupan beragama tersebut telah menggejala dalam kehidupan, bahkan memberikan corak dan bentuk dari semua perilaku budayanya. Agama dan perilaku keagamaan tumbuh dan berkembang dari adanya rasa ketergantungan manusia terhadap kekuatan goib yang mereka rasakan sebagai sumber kehidupan mereka. Mereka harus berkomunikasi untuk memohon bantuan dan pertolongan kepada kekuatan gaib tersebut, agar mendapatkan kehidupan yang aman, selamat dan sejahtera. Tetapi “apa” dan “siapa” kekuatan gaib yang mereka rasakan sebagai sumber kehidupan tersebut, dan bagaimana cara berkomunikasi dan memohon peeerlindungan dan bantuan tersebut, mereka tidak tahu. Mereka hanya merasakan adanya da kebutuhan akan bantuan dan perlindunganya. Itulah awal rasa agama, yang merupakan desakan dari dalam diri mereka, yang mendorong timbulnya perilaku keagamaan. Dengan demikian rasa agama dan perilaku keagamaan (agama dan kehidupan beragama) merupakan pembawaan dari kehidupan manusia, atau dengan istilah lain merupakan “fitrah” manusia. [1]

Agama sebagai pedoman hidup manusia karena agama sangat penting bagi kehidupan manusia sebagai petunjuk menjalani hidup didunia. Agama sebagai pondasi dalam menghadapi lika-liku kehidupan. Manusia yang tidak memiliki agama bagaikan hidup tanpa arah dan tujuan. Maka dari itu kita sebagai manusia harus mempunyai keyakinan dan mempunya agama sebagai pedoman perjalan hidup kita yang akan membawa kita ke jalan yang terang.


BAB III
PENUTUP
A.                Kesimpulan

            Manusia hakikatnya adalah makhluk biologis, psikolsogi dan sosial yang memiliki dua predikat statusnya dihadapan Allah sebagai Hamba Allah dan fungsinya didunia sebagai khalifah Allah), mengantur alam dan mengelolanya untuk mencapai kesejahteraan kehidupan manusia itu sendiri dalam masyarakat dengan tetap tunduk dan patuh kepada sunnatullah. Rasa agama dan perilaku keagamaan (agama dan kehidupan beragama) merupakan pembawaan dari kehidupan manusia, atau dengan istilah lain merupakan “fitrah” manusia.


B.                 Saran

Demikian Penyusunan Makalah ini, agar kiranya dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi diri penulis sendiri. Saran dan kritik dari pembaca akan selalu penulis terima untuk penulisan makalah selanjutnya yang lebih baik.




DAFTAR PUSTAKA
Ø  Azra, Azyumardi dkk. Buku Teks Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum, 2002,
Ø  Hasan, Ali.1994/1995, Agama Islam, Jakarta Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Ø  Supadie Didiek Ahmad,dkk. Pengantar Studi Islam, 2011 , Jakarta, Rajawali Pers.


Landasan dan Asas-asas Pendidikan serta Penerapannya.ppt

https://drive.google.com/file/d/0ByvT1MeXqbecZ2F3TGQ2Zm5YcjQ/view?usp=sharing

Landasan dan Asas-asas Pendidikan serta Penerapannya

https://drive.google.com/file/d/0ByvT1MeXqbecMFM1azdZSGYyek0/view?usp=sharing

Selasa, 10 Maret 2015

SOAL DAN JAWABAN OBI III



1.      Carolus Linnaeus menentukan cara penulisan nama jenis suatu organisme dengan menggunakan sistem binomial. Berikut ini yang menggunakan ketentuan sistem binomial nomenklatur adalah ………
A. kata pertama sebagai genus dan diawali dengan huruf kecil
B. kata kedua sebagai petunjuk jenis dan diawali dengan huruf capital
C. terdiri dari dua kata dalam bahasa latin atau yang dilatinkan
D. nama spesies harus dicetak miring
E. di belakang nama spesies harus dicantumkan nama penulis

2.      Cara penulisan nama tumbuhan jahe menurut prinsip binomial nomenklatur yang benar adalah ……..
A. Zingiber Officinale
B. Zingiber officinale
C. zingiber officinale
D. zingiberofficinale
E. Zingiber Officinale

3.      Kucing, anjing dan harimau memiliki kesamaan antara lain struktur gigi dan jenis makanannya. Oleh karena itu, hewan tersebut dikelompokkan dalam tingkat takson yang sama, yaitu ...
      A. filum                        B. kelas                       C. ordo            D. family         E. genus

4.      Ciri-ciri Protozoa antara lain :
1. unisellular
2. sel bersifat eukariotik
3. mempunyai pseudopodia (kaki-kaki palsu)
4. mempunyai alat gerak berupa rambut halus
5. hanya mempunyai makronukleus saja
Dari ciri-ciri tersebut, yang merupakan ciri kelas Ciliophora adalah …

A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 5
C. 2, 3 dan 4    
D. 2, 4 dan 5
E. 2, 4 dan 5


5.      Beberapa ciri kormofita berspora yaitu :
1. berklorofil
2. bentuk daun muda menggulung
3. jenis akar serabut
4. reproduksi vegetatif dengan spora
5. memiliki pembuluh angkut
Ciri yang membedakan antara paku dengan lumut adalah .......

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 5
E. 3 dan 4


6.      Pengklasifikasian tumbuhan dengan sistem artifisial dilakukan berdasarkan ....

A. Habitat dan morfologi
B. Persamaan morfologi
C. Kekerabatan antar takson
D. Kesamaan tatanan biokimia
E. Perbedaan bentuk dan fungsi



7.      Perhatikan nama-nama tumbuhan berikut !
1. kelapa gading 4. lontar
2. kelapa hijau 5. kelapa kopyor
3. pinang merah 6. aren
Kelompok tumbuhan yang termasuk keanekaragaman tingkat jenis adalah .......

A. 1 - 2 – 3
B. 1 - 2 – 5
C. 2 - 3 - 4
D. 2 - 3 – 5
E. 2 - 5 - 6


8.      Alga yang berperan dalam pembuatan protein sel tunggal (PST) sebagai sumber makanan alternatif berprotein tinggi adalah .......

A. Nostoc sp.
B. Azolla pinnata
C. Anabaena azollae
D. Spirullina sp.
E. Gloecapsa sp.


9.      Macam-macam tumbuhan dalam sebuah ekosistem :
1. Rumput                     3. Lichenes                  5. Perdu
2. Pohon                                   4. Lumut
Bila ekosistem tersebut.merupakan hasil suksesi, urutan tanaman yang muncul sehingga terbentuk komunitas klimaks adalah .......

A. 1, 3, 4, 2, dan 5
B. 1, 4, 3, 5, dan 2
C. 3, 1, 4, 2, dan 5
D. 3, 4, 1, 5, dan 2
E. 4, 3, 1, 5, dan 2

10.  Ciri-ciri suatu tipe bioma sebagai berikut !
- rumput dominan
- jarang terdapat pohon
- pohon satu jenis
- kaya akan fauna
- ditemukan predator
Berdasarkan ciri tersebut, tipe bioma ini adalah ……..
A. padang rumput                  B. setengah gurun                   C. hutan musim
D. hutan lumut                         E. sabana

11.  Kelompok alga, memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Umumnya uniseluler
- Hidup di air tawar atau laut
- Mempunyai klorofil a dan c, karoten, santofil, dan fikosantin
- Reproduksi aseksual dengan membentuk aukspora
Kelompok alga tersebut adalah ........

A. Chlorophyta
B. Cyanophyta 
C. Crysophyta
D. Rhodophyta
E. Phaenophyta


12.  Jamur memiliki ciri-ciri, antara lain :
1. Hifa bersekat
2. Ujung-ujung hifa
3. Mengandung inti diploid
4. Reproduksi aseksual dengan konidiospora
5. Reproduksi seksual dengan oospora
Ciri jamur Oomycotina adalah .......
A. 1 dan 3         B. 1 dan 4                   C. 2 dan 4                   D. 2 dan 5              E. 3 dan 5

13.  Di bawah ini adalah penyebab biodiversitas di Indonesia sangat unik, kecuali . . . .
A. keanekaragaman tinggi
B. memiliki hewan tipe oriental, Australian, dan peralihan
C. Kaya akan hewan dan tumbuhan dari negara lain
D. terdapat berbagai hewan dan tumbuhan langka
E. Indonesia kaya akan flora Malesiana

14.  Keunikan hewan-hewan yang termasuk daerah Australian, yaitu . . . .
A. banyak hewan berkantung
B. terdapat berbagai jenis hewan primata
C. terdapat berbagai hewan endemik
D. spesies mamalia berukuran tubuh besar
E. terdapat berbagai jenis burung yang bersuara merdu

15.  Di bawah ini adalah nama-nama hewan:
1) Harimau jawa                      2) Ular sawah                         3) Tikus
4) Burung maleo                       5) Komodo                              6) Badak bercula satu
Adapun yang termasuk hewan endemik di Indonesia adalah . . . .

A. 1 - 2 - 3 – 4
B. 2 - 3 - 4 – 5
C. 3 - 4 - 5 - 6
D. 1 - 4 - 5 – 6
E. 2 - 3 - 5 – 6


16.  Hewan endemik adalah hewan yang . . . .

A. ada pada berbagai wilayah
B. selalu berpindah-pinah
C. menampakkan diri pada waktu tertentu
D. ada pada wilayah tertentu
E. berada pada wilayah perbatasan


17.  Kegiatan manusia yang dapat menurunkan keanekaragaman hayati adalah ………..

A. introduksi spesies eksotik
B. reboisasi
C. pemuliaan
D. pembuatan taman-taman kota
E. konservasi plasma nutfah


18.  Amfioxus, ikan nila, ikan pari, dan paus memiliki tingkat takson terendah yang sama, yaitu ........

A. filum
B. subfilum
C. kelas
D. ordo
E. famili

19.  Keanekaragaman jenis dapat terlihat dari adanya perbedaan ........

A .bentuk, jumlah, ukuran
B .bentuk, jumlah, ukuran dan genetik
C .morfologi dan anatomi
D .tingkah laku dan gen
E .morfologi dan tingkah laku


20.  Penggolongan organisme dengan menggunakan sistem klasifikasi filogenetik, dilaksanakan berdasarkan kesamaan ........

A .morfologi dan kekerabatan
B .habitat dan kekerabatan
C .habitat dan morfologi
D .kekerabatan secara evolusi
E .susunan biokimiawi tubuh

21.  Dalam sistem pengelompokan tumbuhan ada beberapa macam cara tergantung dari macam kelompoknya. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus, adalah ........
A . Aren, kelapa, pinang
B . Lengkuas, jahe, kunir
C . Kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau
D . Jeruk bali, jeruk nipis, jeruk peras
E . Bawang merah, bawang daun, bawang putih

22.  Dalam suatu ekosistem padang rumput dihuni oleh beberapa hewan, yaitu harimau, kelinci, ular, cacing. Jika populasi kelinci berkembang biak dengan cepat, maka dapat diperkirakan akan berakibat ........
A . Populasi harimau naik, populasi rumput naik
B . Populasi harimau turun, populasi rumput turun
C . Populasi harimau naik, populasi rumput turun
D . Populasi harimau turun, populasi rumput naik
E . Semua populasi jumlahnya tetap, kecuali jumlah kelinci bertambah

23.  Pada tahun 1969, R.H. Whittaker menyempurnakan sistem klasifikasi atas dasar pertimbangan tingkat organisme sel dan jenis nutrisinya. Di bawah ini macam kingdom dari klasifikasi Whittaker adalah ........
A . Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia
B . Virus, Monera, Protista, Fungi, Plantae, Animalia
C . Monera, Plantae, Virus, Fungis, Animalia
D . Protista, Fungi, Plantae, Animalia
E . Plantae, Animalia.

24.  Berikut ini adalah nama ilmiah beberapa organisme:
1.Curcuma domestica
2.Musa textilis
3.Felix domestica
4.Musa paradisiaca
Manakah yang kekerabatannya paling dekat?

A.                   1 dan 2
B.                    1 dan 3
C.                    2 dan 3
D.                    3 dan 4
E.            2 dan 4


25.  Tujuan klasifikasi yang paling tepat di bawah ini adalah ........
A .Menentukan persamaan dan perbedaan makhluk hidup.
B . Memberikan nama pada setiap makhluk hidup.
C .Menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup.
D .Mencari perbedaan dan persamaan ciri.
E .Mengelompokkan golongan makhluk hidup.

26.  Organel yang berfungsi aktif pada pembelahan sel dan hanya terdapat pada sel hewan adalah….

A. Kromosom
B.  Ribosom
C. Sentrosom
D. Lisosom
E.  Autosom


27.  Pada saat fertilisasi, kepala spermatozoa mampu menembus zona pelusida karena dilengkapi organel…

A. Vakuola kontraktil
B.  Badan golgi
C.  Mitokondria
D. Lisosom
E.  Ribosom


28.  Organel berupa saluran halus dalam sitoplasma yang berbatasan dengan sistem membran dan erat kaitannya dengan sistem angkutan pada sintesis protein adalah….

A.                      Ribosom
B.                       Retikulum endoplasma
C.                       Plasmodesmata
D.                      Badan golgi
E.                       Lisosom


29.  Sel fagosit berperan penting dalam memangsa benda asing yang masuk ke dalam tubuh, sehingga organel yang paling banyak di dalam sel ini adalah…

A.    Badan golgi
B.     RE
C.     Mitokondria
D.    Lisosom
E.     Ribosom


30.  Sitokinesis yang terjadi pada proses mitosis berlangsung pada fase ….

A.    Anaphase
B.     Interfase
C.     Profase
D.    Metaphase
E.     Telofase


31.  Bagian inti sel yang terlihat jelas pada waktu sel engalami pembelahan adalah…

A. Nucleolus
B.  Membrane inti
C. Kromosom
D. Kromatin
E.  Nucleus


32.  Organel sel yang bertanggung jawab terhadap penetralisir racun yang dhasilkan dari peristiwa beta oksidasi katabolisme asam lemak adalah….

A.    Katalase
B.     Diktiosom
C.     Lisosom
D.    Peroksisom
E.     Apparatus golgi


33.  Dari organel berikut yang sering ditemukan pada sel tumbuhan dan hewan ialah

A.    Kloroplas
B.     Tonoplas
C.    Mitokondria
D.    Sentriol
E.     Ribosom


34.  Pasangan struktur-fungsi berikut yang tidak cocok adalah

A. Nucleolus; produksi ribosom
B.  Lisosom; pencernaan intraseluler
C.  Ribosom; sintesis protein
D. Golgi; sekresi produk sel
E.  Mikrotubula; kontraksi otot


35.  Komponen berikut yang ada dalam sel prokariotik, ialah…

A. Mitokondria
B.  Ribosom
C.  Selubung nucleus
D. Kloroplas
E.  Retikulum endoplasma

36. Pada tumbuhan memiliki sifat indeterminate growth,  hal ini disebabkan tumbuhan memiliki jaringan yang disebut….

A. jaringan korteks dan empulur
B.  jaringan dermal
C.  jaringan mesofil
D. jaringan meristem
E.  jaringan pembuluh


37. Mulut daun tang berfungsi untuk pertukaran gas tepatnya  terletak pada jaringan….

A.    jaringan epidermis atas
B.     jaringan epidermis bawah
C.     jaringan mesofil
D.    Jaringan Parenkim
E.     Jaringan pembuluh


38. Berikut yang bukan merupakam komponen penyusun floem adalah……

A.    companion cell
B.     Sieve cell
C.     Serat
D.    Parenkim floem
E.     Trakeid


Untuk soal nomor 39 s/d 42 menggunakan data berikut
 Beberapa tahapan fotosintesis pada tumbuhan:
  1. Mengemas  energi  cahaya sebagai energi ikatan
  2. Fiksasi CO₂ oleh RuBP dengan bantuan RUBISCO
  3. Pengikatan CO₂Oleh PEP dengan bantuan Fosfoenol Piruvat Karboksilase
  4. Merubah Energi dalam bentuk energy tinggi  (ATP dan NADPH)
39. Yang termasuk dalam tahapan reaksi terang adalah….

A.    1 dan 2
B.     1 dan 4
C.     2 dan 3
D.    1 dan 4
E.     1, 2 dan


40. Sedangkan yang termasuk dalam tahapan reaksi gelap adalah…..

A.    1 dan 2
B.     1 dan 4
C.    2 dan 3
D.    1 dan 4
E.     1, 2 dan 3


41. Tahapan fotosintesis nomor 2 disebut juga…

A.    Jalur Calvin Benson
B.     Jalur Hat Slack
C.     Tahap Reaksi Terang
D.    Jalur CAM
E.     Jalur Crassulacean acid


42. Tahapan fotosintesis nomor 3 disebut juga…

A.    Jalur Calvin Benson
B.     Jalur Hat Slack
C.     Tahap Reaksi Terang
D.    Jalur CAM
E.     Jalur Crassulacean acid


43.  Berikut adalah  pernyataan yang benar tentang fotorespirasi, kecuali……
A.    terjadi dimitokondria dan substrat yang digunakan adalah glukosa
B.     terjadi di peroksisom dan substrat yang digunakan adalah glikolat
C.     proses yang mengkonsumsi oksigen dan melepaskan karbondioksida
D.    tidak menghasilkan ATP
E.     enzim yang berperan adalah Rubisco
44. Pada aplikasi hormone tumbuhan dibidang pertanian, tumbuhan disemprot dengan kombinasi hormone auksin dan giberelin. Tujuan dari penyemprotan tersebut ialah…

A.    merangsang perkembangan buah
B.      membunuh gulma
C.     merangsang pembungaan
D.    menambah tinggi tanaman
E.     merangsang pematangan buah


45.  Berikut merupakan pernyataan yang benar tentang tumbuhan xerofit…
A. tumbuh dilingkungan moderat, daun berukuran lebar, stomata terletak dibawah permukaan daun
B.  tumbuh dilingkungan moderat, daun berukuran kecil, stomata terletak dibawah permukaan daun
C.  tumbuh dilingkungan kering, daun berukuran lebar, stomata terletak dibawah permukaan daun
D. tumbuh dilingkungan kering, daun berukuran kecil, stomata terletak dibawah permukaan daun
E.  tumbuh dilingkungan berair, daun berukuran lebar, stomata terletak dibawah permukaan daun

46.  Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1)         enzim hewan berdarah panas bekerja optimum pada suhu 370 C
2)         enzim hewan berdarah panas bekerja optimum pada suhu 270 C
3)         enzim rusak pada suhu 00 C
4)         semua enzim mempunyai suhu optimum yang sama
5)         dipengaruhi oleh pH, kecuali enzim pepsin
  Dari pernyataan mengenai enzim di atas, pernyataan yang salah adalah…

A.    1, 2, dan 3
B.     1, 2, dan 5
C.    3, 4, dan 5
D.    4 saja
E.     4 dan 5


47.  Apabila enzim telah diinhibisi secara non kompetitif, maka…
A.    Sisi aktif enzim ditempati oleh inhibitor
B.     Inhibitor berikatan pada gugus prostetik enzim
C.    Dibutuhkan energi aktivasi yang lebih tinggi untuk memulai reaksi itu
D.    Tidak akan terjadi reaksi, karena merupakan tipe inhibitor irreversible
E.     ΔG akan selalu negative

48.  Tujuan utama proses katabolisme di dalam sel tubuh makhluk hidup adalah untuk…

A.    Mengoksidasi senyawa organik
B.     Memecah senyawa kompleks
C.    Mendapatkan energi panas
D.    Membebaskan energi dalam  senyawa sumber
E.     Mengubah energi kinetic

49.  Fungsi klorofil pada proses fotosintesis adalah…
A.    Mengikat CO2 untuk diubah menjadi glukosa
B.     Membebaskan oksigen dari air
C.     Menyerap sinar terutama sinar hijau
D.    Menyerap energi cahaya untuk diubah menjadi energi kimia
E.     Tempat terjadinya reaksi terang

50.  Percobaan mengenai fotosintesis telah banyak dilakukan,
1) Percobaan Jan Ingenhousz
2) Percobaan Theodor Wilhelm Engelmann
3) Percobaan Julius von Sachs
Pernyataan yang tepat di bawah ini dengan hasil percobaan di atas adalah…
A.    O2 dihasilkan oleh fotosintesis melalui rekasi terang dimana atom O berasal dari CO2 , dibuktikan oleh percobaan yang dilakukan oleh Jan Ingenhousz dengan menggunakan Hydrilla verticillata.
B.     Fotosintesis hanya akan terjadi apabila terdapat cahaya, terbukti dengan percobaan Theodor Wilhelm Engelmann bahwa hanya tumbuhan yang mempunyai klorofil yang dapat melakukan fotosintesis
C.    Amilum yang diperoleh merupakan hasil dari reaksi gelap yang diawali oleh fiksasi karbon, adanya amilum ini terbukti dengan percobaan Julius von Sachs yang membungkus sebagian daun dengan kertas timah.
D.    Fotolisis air menghasilkan H+ dan O2, dimana H+ digunakan sebagai energi dan O2 digunakan untuk menyusun Glukosa.
E.     Percobaan Wilhelm Engelmenn berlawanan dengan Julius von Sachs, karena menurut kesimpulan Julius von Sachs amilum dapat dihasilkan oleh fotosintesis meski daun tidak terkena cahaya.

51.  Jumlah ATP yang terbentuk dari hasil Siklus Krebs yaitu 24 ATP, setara dengan..

A.    4GTP + 2FADH2 + 6NADH
B.     4GTP + 4FADH2+ 6NADH
C.    2 GTP + 2FADH2 + 6 NADH
D.    2 GTP + 2FADH2 + 4 FADH
E.     4 GTP + 4 FADH2 + 2 NADH


52.  Pernyataan yang salah mengenai respirasi anaerobic berikut adalah…
A.    Fermentasi alcohol menghasilkan 2 molekul ATP untuk setiap molekul glukosa karena NADH dan H+ tidak masuk mitokondria untuk fosforilasi oksidatif
B.     Jika terdapat O2, maka khamir akan tetap melanjutkan proses fermentasi, karena khamir hidup secara anaerob fakultatif.
C.     Toleransi khamir terhadap alcohol 9-18%, sehingga ketika konsentrasi alcohol yang terbentuk di atas 18%, proses fermentasi atau alkoholisasi akan terhenti.
D.    Jumlah asam laktat yang terlalu banyak dapat menyebabkan rasa lelah atau kejang pada otot. Ketika istirahat, asam laktat dibawa ke hati untuk dioksidasi menjadi asam piruvat.
E.     Fermentasi asam cuka merupakan contoh fermentasi anaerobic.

53.  Ketika sel dalam kondisi anaerob, maka hasil glikolisis yang berupa asam piruvat, kemungkinan akan…

A.    Diubah menjadi Alkohol
B.     Diubah menjadi Asetil Koenzim A
C.    Diubah menjadi Asam sitrat
D.    masuk ke dalam rangkaian reaksi dekarboksilasi oksidatif
E.     masuk ke dalam siklus asam sitrat



54.  Berikut ini merupakan bagan keterkaitan katabolisme berbagai macam molekul makanan, senyawa yang tepat untuk mengisi nomor 1, 2, 3, dan 4 adalah…


Description: E:\olimpiade\keterkaitan metabolisme.png
 













A.    Asam amino, glukosa, gliserol, dan asetil Koenzim A
B.     Asam amino, gliserol, fruktosa-6P, dan Koenzim A
C.     Asam amino, gliserol, glukosa, dan Koenzim A
D.    Asam amino, glukosa, gliserol, dan Koenzim A
E.     Asam amino, gliserol, glukosa, dan asetil Koenzim A

55.  Berdasar bagan di atas, enzim yang spesifik dengan senyawa nomor 1 dan 3 adalah

A.    Protease dan fosfofruktokinase
B.     Protease dan heksokinase
C.     Tripsin dan heksokinase
D.    Tripsin dan kemotripsin
E.     Protease dan fosfoglukoisomerase


56.  Susunan alat tubuh amfibi lebih berkembang daripada susunan alat tubuh ikan. Hal ini tampak jelas pada sistem…..

A.    Pencernaan
B.     Reproduksi
C.     Ekskresi
D.    Saraf
E.     Pernapasan

57.  Pada buaya terdapat lubang kecil dalam jantungnya yang disebut foramen panizae yang terletak pada sekat antara……

A.    Atrium kanan dan ventrikel kanan
B.     Atrium kiri dan ventrikel kanan
C.     Ventrikel kiri dan pembuluh aorta
D.    Ventrikel kanan dan ventrikel kiri
E.     Ventrikel kanan dengan arteri paru-paru


58.  Organ tubuh pada burung yang berfungsi untuk mencerna makanan secara mekanis adalah……

A. Mulut
B.  Kerongkongan
C.  Tembolok
D. Lambung kelenjar
E.  Lambung pengunyah


59.  Burung termasuk hewan homoiotermis. Pernyataan berikut ini ada hubungannya dengan hal tersebut, kecuali……
A.    Suhu badan burung relatif tetap
B.     Burung dapat hidup pada suhu lingkungan sekitar 150C
C.    Suhu tubuh burung berubah mengikuti suhu lingkungannya
D.    Burung mempunyai suhu lingkungan yang optimal untuk kehidupannya
E.     Burung mempunyai toleransi suhu untuk hidupnya

60.  Kekurangan protein pada makanan menyebabkan busung lapar karena protein selain merupakan penyusun enzim juga berfungsi dalam….

A. Memelihara kesetimbangan imun
B.  Menjaga kesetimbangan unsur
C. Memelihara kesetimbangan nilai osmosis
D. Menjaga kesetimbangan energi
E.     Memelihara kesetimbangan larutan

61.  Beri-beri merupakan gejala penyakit yang disebabkan oleh kekurangan….

A.    Thiamin
B.     Riboflavin
C.    Asam panthotenat
D.    Piridoksin
E.     Sianokobalamin


62.  Gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan atau gangguan penggunaan oksigen oleh jaringan disebut….
A.    Asfiksi           B.  Pneumonia           C.  Emfisema            D.  Asidosis        E.  Bronkitis
63.  Gejala asidosis pada penderita pneumonia adalah manifestasi dari gangguan proses pengangkutan…..

A.    Oksigen
B.     Karbon monoksida
C.    Karbon dioksida
D.    Karbohidrat
E.     Oksihemoglobin


64.  Seorang anak dengan cirri-ciri sering kejang, pertumbuhan tulang tidak normal dan pembekuan darahnya lambat, kemungkinan kekurangan….

A.    Unsur Fe
B.     Unsur Ca
C.    Unsur Mg
D.    Unsur P
E.     Unsur Na


65.  Gejala kurang darah (anemia) antara lain dapat diatasi dengan pemberian suplemen zat besi. Hal ini dilakukan karena zat besi berperan dalam pembentukan suatu protein khusus yang terdapat dalam eritrosit, yang berupa…..
A.    Bilirubin          B.  Globulin                         C. Sistein            D. Hemin                E.Albumin

66.  Aliran darah yang bergerak paling lambat terjadi pada…..
A. Arteriol        B. Aorta          C. Kapiler                 D. Vena                       E. Venula

67.  Peningkatan kadar hormone estrogen dan progesterone pada wanita hamil dihasilkan oleh….

A.    Hipofisis
B.     Korpus luteum
C.    Korpus albikans
D.    Hipofisis dan korpus albikans
E.     Hipofisis anterior


68.  NH3 sebagai hasil metabolism protein dan CO2 sebagai hasil respirasi dapat membentuk urea yang kemudian diekskresikan. Pembentukan urea itu terjadi di dalam….

A.    Hati
B.     Ginjal
C.    Kantong empedu
D.    Usus besar
E.     Usus halus


69.  Bila hasil tes urin seseorang dengan reagen biuret diperoleh warna ungu, maka bagian ginjal yang diduga mengalami kelainan adalah….

A.    Glomerulus
B.     Tubulus kontortus
C.    Tubulus kolekta
D.    Badan Malpighi
E.     Lengkung Henle


70.  Gangguan pada perkembangan otak kecil (cerebellum) akan menyebabkan gangguan…..

A.    Fungsi indera
B.     Koordinasi gerak otot
C.    Pengaturan aktivitas mental
D.    Gerak tubuh
E.     Gerak mata


71.  Sel saraf yang berfungsi mengirimkan impuls dari system saraf pusat ke otot dan kelenjar adalah…

A.    Neuron aferen
B.     Neuron intermedier
C.    Neuron eferen
D.    Neuron sensori
E.     Neuroglia


72.  Buta sesaat akibat adanya perubahan yang tiba-tiba dari kondisi sangat terang ke redup yang dialami oleh manusia, berkaitan erat dengan aktivitas…

A.    Saraf mata
B.     Pupil mata
C.    Iris mata
D.    Sel kerucut mata
E.     Sel batang mata


73.  Pada rongga sendi terdapat suatu gangguan yang menyebabkan rongga sendi berisi getah radang. Gangguan tersebut dinamakan….

A.    Arthritis sika
B.     Arthritis eksudatif
C.    Nekrosa
D.    Osteo-arthritis
E.     Arthritis-reumatoid


74.  Bila Reni beraglutinogen A mendapatkan transfuse darah dari Rani yang bergolongan darah O, sehingga tidak terjadi aglutinasi. Hal tersebut disebabkan….
A.    Darah donor mengandung aglutinin
B.     Darah resipien tidak mengandung aglutinogen
C.    Darah donor mengandung aglutinogen
D.    Darah resipien tidak mengandung aglutinin
E.     Darah donor tidak mengandung aglutinogen

75.  Pada kelenjar eksokrin, senyawa yang dihasilkan dialirkan melalui saluran. Kelenjar eksokrin dibagi menjadi tiga, yaitu, merokrin, holokrin, dan apokrin. Apokrin merupakan kelenjar yang …
A. Hasil sekresinya dikeluarkan bersama-sama dengan bagian apikal kelenjar
B. Hasil sekresinya dikeluarkan bersama-sama dengan seluruh sel.
C. Hasil sekresinya dikeluarkan tidak dengan bagian apikal kelenjar.
D. Granula sekresi meninggalkan sel dengan menghilangkan badan penyusun sel.
E .Granula sekresi meninggalkan sel tanpa menghilangkan badan penyusun sel.

76.  Pembentukan senyawa nitrogen secara alami di udara dari bahan dasar gas nitrogen, sesuai                                                                                             dengan teori asal usul kehidupan yang dikemukakan oleh ...

A.    Harold Urey
B.     Stanley miller
C.     Louis Pasteur
D.    Lazzaro Spallanzani
E.     A.I. Oparin


77.  Menurut teori evolusi, kera yang dianggap paling dekat kekerabatannya dengan manusia adalah

A.    lutung
B.     gibon
C.     gorila
D.    simpanse
E.     orangutan


78.  Dalam satu spesies terdapat variasi yang dapat dijadikan sebagai petunjuk adanya evolusi, sebab variasi....

A.    merupakan petunjuk adanya mutasi
B.     hanya terdapat pada spesies yang berbeda
C.     terjadi karena persaingan hidup
D.    selalu terjadi karena mutasi
E.     mengarah pada terbentuknya jenis baru


79.  Petunjuk evolusi dari golongan Reptilia menuju golongan Aves ditandai dengan adanya struktur organ pada aves dalam bentuk………..
A. Cakar                        B. Sisik              C. Bulu                    D. kaki                  E. paruh

80.  Usaha untuk membantah teori generatio spontanea, ilmuwan berikut yang percobaannya berkaitan erat dengan proses sterilisasi yaitu

A.    A.I. Oparin
B.     Lazzaro Spallanzani
C.    Harold Urey
D.    Fransisco Redi
E.     Charles Darwin


81.  Diketahui sifat albino dikendalikan oleh gen homozigotaa. Padasuatupopulasi yang berpenduduk 10.000 orang terdapat 25 orang yang menderita albino.Berapapersentase orang yang normal dan orang carier albino?

A.    Normal 90,25 % Carier 9,5 %
B.     Normal 75,25 % Carier 8,5 %
C.     Normal 80,25 % Carier 19,5 %
D.    Normal 90,5 % Carier 9,5 %
E.     Normal 99,00 % Carier 1,00 %


82.  Contoh-contoh analogi, antara lain sebagai berikut…

A.    Kaki manusia dan kaki belakang kuda
B.     Sayap kelelawar dan sayap burung
C.     Sayap burung dan tangan manusia
D.    Kaki manusia dan kaki belakang kuda
E.     Sayap kupu-kupu dan tangan manusia


83.  Berikut ini merupakan pernyataan salah tentang fosil
A.    Fosil hanya dapat dibentuk dari bagian yang keras pada hewan yang tidak mudah mengalami  pelapukan
B.     Fosil terbentuk hanya dari sisa-sisa hewan
C.     Fosil mendukung teori evolusi
D.    Fosil ditemukan pada struktur tanah lapisan atas
E.     Individu yang ada sekarang dapat dilacak asal muasalnya melalui fosil.

84.  Berikut ini bukan merupakan ide-ide Darwin berdasarkan hasil observasinya antara lain seperti berikut:
A.    Spesies yang ada sekarang berasal dari spesies yang hidup di masa lampau.
B.     Evolusi yang terjadi melalui proses seleksi alam.
C.     Proses evolusi dipengaruhi oleh lingkungan.
D.    Organ yang sering digunakan akan berkembang dan tumbuh membesar
E.     Populasi cenderung stabil kecuali terjadi perubahan musiman

85.  Hukum Hardy Weinberg menyatakan bahwa frekuensi gen dalam populasi dapat tetap distabilkan dan tetap berada dalam keseimbangan dari satu generasi apabila…… ,
dari jawaban di bawah yang tidak tepat adalah…..

A.    Perkawinan terjadi secara acak
B.     Tidak ada seleksi alam
C.     Jumlah populasi besar dan tidak ada migrasi
D.    Tidak terjadinya mutasi maju atau surut
E.     Tidak dipengaruhi oleh factor lingkungan


86.  Mendel mempostulasi genetika dasar, kecuali......
A.    Adanya pewarisan sifat dari induk ke keturunannya
B.     Sifat ditentukan oleh gen
C.     Gen dinotasikan dengan dua huruf yang sama yang menunjukkan gen tersebut terdapat di sepasang kromosom homolog
D.    Masing-masing kromosom  homolog yang diploid berpisah pada proses meiosis menjadi haploid
E.     Gen tersusun atas rangkaian asam deoksiribonukleat

87.  Hukum segregasi Mendel menunjukkan bahwa, kecuali.....
A.    Gen terdiri dari dua alel yang dapat bersifat dominan atau resesif.
B.     Kedua alel tersebut berpisah pada proses meiosis
C.     Alel dominan menentukan fenotip suatu individu
D.    Alel resesif menentukan fenotip suatu individu
E.     Perkawinan monohibrid antara homozigot dominan tinggi (PP) dengan homozigot
F.      resesif (pp) menghasilkan keturunan yang berfenotip tinggi : pendek dengan rasio 3: 1

88.  Pada kasus epistasis perkawinan dihibrid antara 2 heterozigot menghasilkan keturunan dengan rasio fenotip.....

A.    9 : 3 : 3 : 1
B.     9 : 3 : 4
C.     9 : 6 : 1
D.    15 : 1
E.     16


89.  Dominansi tak sempurna dari perkawinan monohibrid antara 2 homozigot akan.....
1)      Menghasilkan keturunan dengan penampakan yang berada antara fenotip kedua induknya
2)      Tidak mempengaruhi rasio genotip keturunannya 1 : 2 : 1
3)      Mempengaruhi rasio fenotip keturunannya menjadi 1 : 2 : 1
4)       Tidak muncul fenotip dominan dan resesif


A.    1 dan 2
B.      1,3 dan 4
C.     1,2 dan 3
D.     2 dan 3
E.      2,3 dan 4


90.  Pernyataan yang benar di bawah ini adalah....
1)      Kromosom homolog betina adalah XX dan jantan adalah XY
2)      Gen yang berada pada kromosom seks disebut gen yang terpaut seks
3)      Contoh gen terpaut seks adalah gen yang menentukan warna mata lalat buah
4)      Drosophila melanogaster
5)      Mitosis membagi kromosom homolog seks diploid menjadi haploid

A.    1 dan 2
B.     1,3 dan 4
C.    1,2 dan 3
D.     2 dan 3
E.     2,3 dan 4


91.  Rekombinasi genetika dapat terjadi karena perubahan struktur kromosom melalui.....
A.    Pindah silang gen pada sepasang kromosom homolog pada proses meiosis I
B.     Pindah silang gen pada sepasang kromosom homolog pada proses meiosis II
C.     Pindah silang gen pada sepasang kromosom homolog pada proses mitosis
D.    Pindah silang gen pada sepasang kromosom non homolog pada proses meiosis I
E.     Tidak ada pilihan yang benar

92.  Mekanisme yang dapat mengubah struktur kromosom sehingga rekombinasi genetika adalah......

A. Delesi dan translokasi
B. Delesi dan inversi
C. Inversi dan translokasi
D. Translokasi dan duplikasi
E. Delesi, inversi, translokasi dan duplikasi


93.  Hemofilia adalah penyakit dimana si penderita akan mengalami pendarahan hebat  untuk luka yang kecil. Hemofilia hanya diderita oleh anak laki-laki dari wanita pembawa. Hemofilia adalah ekspresi dari.......

A. Sifat dominan yang terpaut seks
B. Sifat resesif yang terpaut seks
C. Sifat dominan yang tidak terpaut seks
D. Sifat resesif yang tidak terpaut seks
E. Tidak ada pilihan yang benar


94.  Ciri yang paling mudah dikenali dari suatu heterozigot inversi pada tumbuhan adalah......

A.    Gigantisme
B.     Semi sterilitas
C.     Pseudo dominansi
D.    Kromosom silang saat meiosis
E.     Dormansi biji


95.  Pada sapi shorthorn, genotip CRCR menghasilkan fenotip warna bulu merah, CRCW warna roan (campuran merah – putih) dan CWCW warna putih. Jika disuatu peternakan terdapat 108 sapi merah, 48 sapi putih dan 144 sapi roan, berapakah frekuensi alel CR dan CW.......

A. 60% CR dan 40% CW
B. 40% CR dan 60% CW
C. 50% CR dan 50% CW
D. 30% CR dan 70% CW
E. 10% CR dan 50% CW


96.  Kromosom Y tidak mempunyai pengaruh dalam menentukan jenis kelamin lalat Drosophila, sifat jantan dan betina ditentukan oleh autosom. Kromosom Y menentukan kesuburan pada lalat jantan. Kelainan kromosom pada lalat Drosophila adalah sebagai berikut.......
Dari pernyataan diatas lalat jantan yang mandul adalah lalat dengan kromosom :
1. AAAAXXX             2. AAAAXXY                       3. AAAXX                             4. AAAXY


A.  1
B.   3
C.   4
D.  1 dan 2
E.  1 dan 3


97.  Jika urutan basa pita DNA yang ditranskripsikan adalah 5’CGATACGAACC 3’ urutan basa dalam mRNA hasil transkripsi adalah...............

A. 3’GCUAUGCUUGG 5’
B.  5’GCUAUGCUUGG 3’
C.  3’GCUAUGGUUGG 5’     
D. 3’CGATACGAACC 3’
E.  3’CGUAUGCUUGG 5’


Data berikut untuk menjawab pertanyaan no. 13-15.
Seorang peneliti melakukan persilangan untuk menghasilkan mencit putih dengan ekor
pendek. Hasil percobaan :
P mencit coklat x mencit putih
Ekor pendek ekor panjang
F1 semua coklat dengan ekor panjang
F2 292 coklat dengan ekor panjang
97 coklat dengan ekor pendek
103 putih dengan ekor panjang
36    putih dengan ekor pendek

98.  Hasil percobaan menunjukkan bahwa sifat dari kedua induk ( generasi P ):
A.    Satu heterozigot untuk warna bulu dan panjang ekor
B.     Satu homozigot dominan untuk warna bulu dan panjang ekor, yang satu lagi
C.     homozigot resesif untuk kedua sifat
D.    Satu homozigot dominan untuk warna bulu dan homozigot resesif untuk panjangekor, yang satu lagi homozigot resesif untuk warna bulu dan homozigot dominanuntuk panjang ekor
E.     Satu homozigot dominan untuk kedua sifat, satu lagi heterozigot untuk kedua sifat
F.      Satu homozigot resesif untuk kedua sifat, satu lagi heterozigot untuk kedua sifat.

99.  Berdasarkan hasil percobaan di atas, berapa gen yang mengontrol keempat sifat pada F2 ( bulu coklat, bulu putih, ekor panjang, ekor pendek ):

A.                   Satu
B.                    Dua
C.                    Empat
D.                   Delapan
E.                    Enam belas


100. Jika individu F1 mencit coklat dengan ekor panjang dilakukan test cross dan  distribusi fenotip yang dihasilkan seperti data di atas, maka frekuensi rekombinasinya adalah.......

A. 37,8 %            B. 17,8 %                  C. 15,4 %                  D. 50 %          E. 16 %


Cara Cuan Dari Internet