Wednesday, June 7, 2017

MAKALAH PERANAN DAN DAMPAK DARI ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI





MAKALAH
PERANAN DAN DAMPAK DARI ILMU ALAMIAH DAN TEKNOLOGI


Dosen Pengajar :
Miftahul Khori, M.Pd
Disusun Oleh :
Kelompok   12

1.      Ayu Bunga Ramadani                                                ( 15187203070 )
2.      Moch. Afifuddin Ja’far                                  ( 15187203077 )
3.      Prayuga Ningsih                                              ( 15187203068 )



STKIP – STIT PGRI PASURUAN
Jl. Ki Hajar Dewantara 27-29 Pasuruan
Telp. (0343) 421948 Fax. (0343) 411086





KATA PENGANTAR

            Dengan mengucapkan syukur atas kehadirat Allah SWT, penyusun dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan baik. Dengan menyelesaikan makalah “Peranan dan Dampak dari Ilmu Alamiah dan Teknologi” penyusun berharapdapat memberikan manfaat yang sebaik-baiknya.
            Penyusun berterima kasih kepada Bapak Miftahul Khoiri, M.Pd yang telah membimbing dalam penyusunan makalah dan tidak lupa kepada orangtua yang telah memberikan dukungan moril serta kepada pengarang buku yang kami jadikan referensi untuk bisa kami jadikan panutan dalam sebuah pengambilan tugas makalah.
            Penyusun berharap makalah dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan penyusun mengenai “Peranan dan Dampak dari Ilmu Alamiah dan Teknologi”.
            Penyusun berharap adanya kritik dan saran dalam pembuatan makalah agar di masa depan yang akan datang dapat lebih sempurna, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran membangun.
            Semoga makalah sederhana dapat dipahami bagi siapapun yang membaca. Penyusun memohon maaf apabila tedapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan.


Penyusun,







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................................. i
KATA  PENGANTAR ............................................................................................. ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ......................................................................................... 1
1.2  Rumusan Masalah .................................................................................... 2
1.3  Tujuan ...................................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN
            2.1 Peranan Ilmu Alamiah Dan Teknologi ..................................................... 2
            2.2 Perkembangan Ilmuh Alamiah Dan Teknologi Dalam Memenuhi Kebutuhan
                  Manusia .................................................................................................... 6
            2.3 Dampak Ilmu Alamiah Dan Tekonologi Bagi Kehidupan ....................... 6
BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan ............................................................................................ 11
            3.2 Saran ...................................................................................................... 11        
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................. 12







BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak terlepas dari ilmu Alamiah dan ilmu Terapannya berupa teknologi dalam berbagai bidang. perjalanan sejarah kebutuhan manusia secara umum memang terus meningkat sehingga alam harus dikeruk terus-menerus untuk memenuhinya, kebutuhan yang terus meningkat tersebut menyebabkan ilmu alam dan teknologi juga makin meningkat. (Nizamuddin dkk,  1991:211). Ilmu kedokteran dan Ilmu farmasi (obat-obatan) adalah merupakan cabang dari Biologi sebagai ilmu terapan. Pakaian, jam tangan, ball point atau pulpen yang kita pakai adalah hasil dari teknologi. Ilmu alamiah murni memang tidak langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu murni dan ilmu terapan (teknologi) mempunyai hubungan yang erat. Dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangkan dalam ilmu terapan, sebaliknya teknologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan dari penemuan-penemuannya kepada prinsip atau hukum-hukum baru dan seterusnya.
            Memang pada mulanya antara ilmu Alamiah dan Teknologi itu tidak selalu mempunyai kaitan, misalnya dahulu manusia membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya belum mengenal teknologi membuat perahu. Tapi dalam zaman modern ini, untuk dapat membuat kapal, orang harus menguasai ilmu murni, tentang hukum Archimedes, konstruksi baja dan sebagainya, agar kapal tidak tenggelam dan dapat mengarungi lautan. (Maskoeri Jasin, 1997:177-178).
1.2    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana peranan ilmu alamiah dan teknologi?
2.      Bagaimana Perkembangan ilmu alamiah dan teknologi dalam memenuhi kebutuhan manusia?
3.      Apa dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap kehidupan?
1.3    Tujuan
1.      Untuk mengetahui peranan ilmu alamiah dan teknologi
2.      Untuk mengetahui perkembangan ilmu alamiah dan teknologi dalam memenuhi kebutuhan manusia
3.      Untuk mengetahui dampak ilmu alamiah dan teknologi terhadap kehidupan



BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Peranan ilmu Alamiah dan Teknologi
Ilmu alamiah adalah ilmu yang mempelajari tentang alam semesta yang ada dalam muka bumi ini. Untuk mendukung pembelajaran ilmu alamiah, teknologi sangat berperan penting dalam hal ini untuk mempermudah pembelajaran.
Ilmu alamiah juga memiliki hubungan yang erat dengan Teknologi dalam peranannya. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat pada era globalisasi telah menyebabkan ketergantungan terhadap fungsi dan peran pengetahuan menjadi semakin tinggi.
Ilmu alamiah di bagi atas ilmu murni dan ilmu terapan (Teknologi). Keduanya mempunyai hubungan yang erat dari konsep atau prinsipnya.  Peranan ilmu alamiah dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa yang berperan dalam kehidupan antara lain :
Ø    Materi dan energi:
1.             Materi yaitu apa saja yang mempunyai masa dan menepati ruang. Manusia memerlukan materi yang biotis dan non biotis. Materi Biotis merupakan bahan benda hidup berupa protein, dan materi non biotis mulai dari gas oksigen sampai benda-benda yang kita pakai sehari-hari.
2.             Energi adalah suatu tenaga yang bisa memindahkan materi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Energi terdapat dalam berbagai bentuk, misalnya energi panas, energi cahaya, energi gerak, energi listrik, energi kimia dan sebaginya.
A.     Jenis energi :
1)      Energi kinetik
Oval: Ek = vdpEnergi kinetik adalah bagian energi yang berhubungan dengan gerakan suatu benda.


Persamaan di atas menyatakan bahwa energi kinetik (Ek) sama dengan integral dari v sebuah benda dan infinitesimal momentum benda p.


2)   Energi potensial
Sistem dikarenakan gerakannya, atau gerakan internal dari partikelnya, energy potensial dari sebuah sistem adalah energi yang dihubungkan dengan konfigurasi ruang dari komponen-komponennya dan interaksi mereka satu sama lain. Jumlah partikel yang mengeluarkan gaya satu sama lain secara otomatis membentuk sebuah sistem dengan energi potensial. Gaya-gaya tersebut, contohnya, dapat timbul dari interaksi elektrostatik (lihat hukum Coulomb), atau gravitasi.
3)   Energi internal
Energi internal adalah energi kinetik dihubungkan dengan gerakan molekul-molekul, dan energi potensial yang dihubungkan dengan getaran rotasi dan energi listrik dari atom-atom di dalam molekul. Energi internal seperti energi adalah sebuah fungsi keadaan yang dapat dihitung dalam sebuah sistem.
4)   Energi Listrik
Energi listrik sangat penting bagi kehidupan manusia dan dapat diambil melalui berbagai cara antara lain :
a)   PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
            Prinsipnya adalah energi potensial dari air danau diubah menjadi energi listrik melalui turbin yang mengerakan generator
b)  PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)
Prinsipnya, Mesin Diesel menggerakan generator listrik. Mesin diesel dipilih sebagai salah satu alternative karena dapat ditempatkan sesuai dengan kebutuhan, sedangkan bahan bakunya adalah solar yang harganya lebih murah.
c)   PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir)
Prinsipnya, Reksi Nuklir menghasilkan energi panas, energi panas ini menjadi energi mekanik melelui penguapan air, turbin uap berputar menggerakan generator listrik.
d)  Komputer (Pembangkit Listik Tenaga Listrik)
Komputer merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari perkembangan listrik (elektronika), yang pada awal ditemukannya energy listrik oleh Faraday, yang belum diketahui kegunaannya. Dan dari computer, manusia dapat mengembangkan alat lainnya, berikut ini contohnya :


1)      Telepon Ensiklopedia
Orang dapat memutar nomor telepon pusat komputer ensiklopedia dan akan mendapatkan jawaban dengan tepat. Keterangan akan dengan mudah diperoleh hanya dengan memutar atau memijit tombol nomor telepon.

2)      Berbelanja Melalui Telepon/Internet
Sekarang orang dapat berbelanja melalui telepon atas barang-barang yang distandarisasikan di “Supermarket”. Tentu saja, diperlukan semacam catalog yang harus dimiliki ibu-ibu rumah tangga untuk menentukan barang-barang yang ingin dibeli.

3)       Pusat Informatika
Para ahli atau spesialis dalam berbagai bidang, misalnya ahli hokum, dokter, dan insinyur dapat dengan mudah dan tepat memperoleh data maupun informasi yang diperlukan melalui komputer pusat informatika karena komputer tersebut sanggup menyimpan data informasi yang banyak dan dengan sangat cepat ditampilkan kembali kepada orang yang memerlukan.

4)      Komputer Simulasi
Para industrial atau pengusaha dapat melakukan percobaan secara simulative suatu prototip mesin yang sedang dirancang oleh seorang perancang. Dengan simulasi, biaya eksperimen dapat ditekan menjadi murah.

5)      Robot Pekerja
Pemanfaatan robot dapat dilakukan oleh industriawan sebagai pekerja dalam pabrik sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat, akurat, dan mungkin lebih murah. Dalam robot tersebut digunakan komputer yang telah deprogram untuk pekerjaan khusus.

6)           Komputer Analisis untuk Berbagai Keperluan
Kepolisian Negara dapat mengidentifikasi para penjahat dengan segala sifatsifatnya melalui komputer sehingga dengan cepat menangkap atau memeriksa seseorang karena para penjahat itu biasanya melakukan kriminalitas dengan sifat atau cara yang sama. Saat ini telah digunakan komputer untuk alih bahasa, yaitu menerjemahkan langsung suatu bahasa ke dalam bahasa lain dengan menggunakan analisis suara.

5)    Energi nuklir
Energi nuklir adalah energi di pusat (atau inti) atom. Dalam proses yang disebut fisi, atom akan terpisah, dan energi yang dilepaskan dapat digunakan untuk menghasilkan listrik pada pembangkit listrik, termasuk di pembangkit yang mengalami kerusakan di Jepang.
Ø Mesin
Dalam industri dan transportasi digunakan berbagai mesin, dan mesin itu dapat dibedakan sehubungan dengan pemakaian bahan bakar atau energi yang dipakai :
a)    Mesin Premium
b)   Mesin Disel
c)    Mesin Uap
d)   Mesin Jet

Ø Komunikasi
Berkomunikasi merupakan salah satu kebutuhan manusia. Untuk itu, Ilmu Alamiah dengan teknologinya telah menyumbangkan kepada kita semua media cetak, telegrafi, telepon, radio dan televisi.

a.       Percetakan
Percetakan sebagai alat yang menghasilkan media komunikasi antar manusia, sangatlah penting artinya. Sejak awal abad ke -15 percetakan telah digunakan orang sebagai alat penghasil komunikasi massa, yaitu Koran. Dengan media massa berupa Koran ini suatu berita dapat diikuti oleh banyak orang dalam waktu yang pendek.
b.      Telegraf
Telegraf telah ditemukan orang sejak pertengahan abad ke -18 dan lambat laun tekniknya menjadi semakin sempurna sehingga pada pertengahan abad ke -19, jaringan telegraf telah menjangkau daratan Eropa dan Amerika Utara. Keunggulan telegrafi membuat orang dapat berkomunikasi jarak jauh sehingga ratusan ribu kilometer hanya dalam waktu beberapa menit saja.

c.       Telepon
Telepon ditemukan oleh Bell pada tahun 1876 setelah penemuan telegraf. Keunggulan telepon dan telegraf adalah orang dapat berbicara langsung dan menerima pembicaraan atau jawaban sebagaimana layaknya orang berbicara satu dengan yang lain.

d.       Radio
Radio adaradiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas, dan merambat lewat udara, dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena lah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Guglielmo Marconi yang lahir pada 25 April 1874 seorang insinyur listrik Italia dan peraih hadiah Nobel, Dia terkenal setelah mengembangkan suatu sistem telegrafi tanpa kabel yang dikenal sebagai "radio". Ia menerimanya bersama Karl Braun tahun 1909.
e.       Bioskop atau Gambar Hidup
Asal mula pertunjukan film dalam sebuah ruangan dimulai oleh Lumiere bersaudara. Auguste dan Louis Lumiere menciptakan alat Cinematographe yang merupakan modifikasi Kinetoscope ciptaan Thomas Alva Edison. Kinetoscope digunakan untuk melihat gambar bergerak dengan cara mengintip dari satu lobang, Lumiere membuatnya mampu memproyeksikan gambar bergerak sehingga bisa di nikmati secara bersama-sama. Pada 28 Desember 1895, untuk pertama kalinya puluhan orang berada didalam suatu ruangan untuk menonton film yang diproyeksikan ke sebuah layar lebar.

f.        Televisi
Televisi merupakan salah satu kebutuhan penting bagi umat manusia sekarang ini. Televisi menjadi alat untuk menyalurkan informasi ke masyarakat. Penemu Televisi adalah John Logie Baird. Ia lahir tanggal 13 Agustus 1888 di Skotlandia, Baird menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow.

g.       Satelit Komunikasi           
Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alam dan satelit buatan. Sisa artikel ini akan berkisar tentang satelit buatan. Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistentnya. Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan Amerika.

2.2 Perkembangan Ilmu Alamiah dan Teknologi dalam Memenuhi Kebutuhan Manusia
Ilmu alamiah dan teknologi tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena keduanya mempunyai hubungan yang erat satu sama lain dimana Ilmu alamiah sebagai sebuah ilmu yang dapat menimbulkan hal-hal baru berupa teknologi berdasarkan hasil kerja keras para scientist dalam meneliti dan menganalisa sebuah ilmu. Hasilnya sangat  berperan bagi kehidupan manusia dalam melangsungkan kehidupannya
Penemuan teknologi akibat penelitian Ilmu alamiah telah membawa manusia meninggalkan kehidupan tradisional yang kolot. Teknologi yang telah mengikat manusia seakan seperti hama yang terus mengikuti kemanapun kehidupan manusia. Teknologi tidak akan pernah punah dan terus berkembang sampai dunia ini berakhir.


2.3 Dampak Ilmu Alamiah Dan Teknologi Bagi Kehidupan
Dampak atau efek dari ilmu alamiah dan teknologi yang telah dikembangkan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan sehingga lebih mudah dan menyenangkan dapat bersifat Negatif karena menimbulkan akibat sampingan, akibat negatif itu bila dibiarkan akan membawa malapetaka, oleh karena itu manusia setelah mengetahui beberapa hasil ilmu alamiah dan teknologi mencoba mengatasi juga dengan Imu Alamiah dan teknologi yang baru.
Dampak teknologi terhadap kelangsungan hidup manusia meliputi hampir semua aspek kehidupan Contohnya : Sandang, Papan dan Pangan, Teknologi tidak hanya meningkatkan kualitas tetapi juga kuantitas sandang dan papan, sementara untuk pangan teknologi dapat meningkatkan produksi dengan diciptakannya Bibit Unggul yang berumur singkat dengan produksi yang tinggi, terhadap sumber daya alam, kemajuan teknologi memberikan sumbangan dalam mencari alternatif lain, pengganti sumber energi, yang semakin terbatas jumlahnya. Berikut contoh dampak-dampaknya dalam kehidupan dan penjelasannya :


1.    Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Sehubungan dengan Kebutuhan Pokok.Berdampak pada :
a.       Sandang
Ilmu alamiah dan teknologi telah banyak sumbangannya dalam bidang sandang. Andai kata tidak, kita barangkali masih hidup dalam zaman purba di manamanusia masih menggunakan kulit kayu atau daun-daunan sebagai penutup tubuh.

b.      Papan
Saat ini manusia dapat menyempurnakan rumah tinggalnya dari gua-gua alami ke pohon-pohon, kemudian berkembang lagi menjadi rumah di atas tiang-tiang penyangga, dan lebih maju lagi pada masa kini kita telah mampu membuat rumah tembok dengan penuh kenyamanan. Bahkan, saat ini manusia telah mampu membuat gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi ke angkasa.

c.       Pangan
*   Dampak positif ilmu alamiah dan teknologi di bidang pangan, misalnya penggunaan mekanisasi pertanian di mana orang memungut hasil produksi yang lebih besar dengan menggunakan tenaga manusia yang relatif sedikit.
*   Dampak negatif ilmu alamiah dan teknologi juga ada. Misalnya, pemakaian
racun pemberantasan hama tumbuhan yang tidak saja dapat memberantas hama,
tetapi juga membunuh hewan ternak, meracuni hasil panen, dan meracuni manusia
itu sendiri

2.    Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi terhadap sumber daya alam
a)     Minyak Bumi
Beberapa dampak negatif minyak bumi :
- Polusi udara karena emisi gas CO, hidrokarbon sisa pembakaran tak sempurna,
   logam berat Pb akibat penggunaan telekomunikasi
- Berkurangnya cadangan bahan bakar yang tidak terbarukan

b)     Batubara
Dampak negatif dari batubara adalah :
-          cacing tambung
-          gas oksigen dalam area pertambangan yang sangat terbatas dll.
-          Batubara adalah termasuk dalam sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, tetapi karena teknologi maju bahan tersebut dapat didaur ulang (recycling).

c)      Air
Merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui artinya setelah dipakai dapat
dibersihkan kembali, tapi pembersihan itu tidak selalu sempurna, sehingga lama-
kelamaan air bersih yang kita perlukan makin hari makin menurun kuantitas dan kualitasnya.

d)     Hutan, Hewan dan Ternak
Hutan, Hewan dan Ternak adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui,
tetapi teori modern dapat mengakibatkan sumber daya alam tersebut menjadi
tidak berdaya atau tidak dapat diperbaharui. Misalnya pembababatan hutan habis habisan tunas muda mati dan tidak akan tumbuh lagi.

e)     Tanah
Tanah pertanian sebagai sumber daya sebenarnya dapat diperbaharui artinya tanah
itu dapat dipergunakan berulang-ulang bila dipelihara baik-baik misalnya
kekurangan zat hara bisa dapat ditambah dengan jalan pemukuan dan sebagainya.
Bila pemakaian melampaui batas dapat menjadi rusak, artinya tidak dapat
dipergunakan lagi sebagai lahan pertanian.

f)       Sumber Daya Zat Radioaktif
Zat-zat radioaktif merupakan sumber daya alam yang sangat penting, karena zat
ini dapat ikut menentukan nasib manusia dimasa mendatang.
radioaktif untuk menyembuhkan penyakit sekaligus untuk keperluan riset yang
lebih dalam pada zat-zat radioaktif.

3.    Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Bidang Ekonomi dan Industri
*      Dampak Positif
a.    Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b.    Terjadinya industrialisasi
c.    Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan   Dickson W.K.L. (1907). Edison's Kinematograph Experiments, in A History of Early Film, vol. 1 (2000), ed. Stephen Herbert. London and New York: Routledge.kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
d.   Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
e.    Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi

*      Dampak negatif
a.    Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
b.    Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”. {mospagebreak}.
c.    Pemotongan-pemotongan kayu, dan yang sering terjadi adalah pihak perusahan lupa akan pengaruh buruk dari kebisingan itu terhadap para pekerja dalam pabrik maupun manusia di sekitarnya.

4.    Dampak Dampak Ilmu Alamiah dan Teknologi Bidang Informasi dan Komunikasi
*      Bidang Informasi dan komunikasi Dampak Positif
a.       Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
b.      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c.       Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah.

*      Bidang Informasi dan komunikasiDampak Negatif
a.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b.      Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
c.       Kerahasiaan alat tes semakin terancam. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d.      Kecemasan teknologi. Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi.





















BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Dapat di simpulkan bahwa Ilmu Alamiah Dasar adalah Ilmu yang mempelajari segala macam gejala alam yang terjadi di bumi ini. Salah satu contoh nyata dari bagian-bagian ilmu alamiah dasar adalah penciptaan manusia yang telah di lengkapi akal dan budi pekerti, sehingga dalam kehidupan mendatang manusia mampu berfikir dan dapat membedakan baik dan buruk serta dapat mengembangkan teknologi dan informasi di masa mendatang. Ilmu Alamiah Dasar dapat berubah sesuai dengan perkembangan Zaman.
            Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.           
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.

3.2    Saran
Adapun saran yang bisa kami berikan adalah mari kita sebagai kalangan akademis     menjadi contoh dalam menggunakan teknologi dengan bijaksana,kita cegah penyalahgunaan teknologi agar tidak mengancam kelangsungan hidup di bumi tercinta ini. Jika belum mampu mencegah dampak negatif yang besar setidaknya mari kita mulai dari diri kita sendiri dan keluarga kita.



DAFTAR PUSTAKA

(Nizamuddin dkk,  1991:211).
(Maskoeri Jasin, 1997:177-178).

Dickson W.K.L. (1907). Edison's Kinematograph Experiments, in A History of Early Film, vol. 1 (2000), ed. Stephen Herbert. London and New York: Routledge.

No comments:

Post a Comment